Home

Rabu, 03 November 2021

Terkait Dugaan Pengamanan Aset Eks Material Rehap Sekolah di Ogan Ilir, Disdikbud Ogan Ilir Buka Suara

OGAN ILIR, - Terkait dugaan pengamanan eks bahan bangunan atau material milik SDN 01 Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Ogan Ilir akhirnya buka suara.

Kadisdikbud Ogan Ilir melalui Sekretaris Disdikbud Ogan Ilir Sayadi mengatakan, telah jelas sebagaimana isi surat edaran yang dikeluarkan bahwa mengenai aset eks material sekolah adalah milik Sekolah, bukan milik Kepala Sekolah maupun pihak ketiga/rekanan, yang pada akhirnya hasil lelang akan diserahkan ke Kas Pemda Kabupaten Ogan Ilir.

"Sebelum pembongkaran, dilakukan penilaian terhadap sekolah atas bahan material/bangunan oleh tim dari Bidang Aset BPKAD OI. Mengenai aset eks material sekolah yang sudah dibongkar tidak boleh dikuasai secara pribadi. Mungkin tindakan itu merupakan kesepakatan bersama antara kepala sekolah dan rekanan untuk pengamanannya. Yang jelas, bagi siapapun yang ”mengamankannya”, dia lah yang harus mengembalikan hasil lelang ke Kas Pemda OI," kata Sayadi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (1/11/21).

Masih katanya, pengamanan aset yang dalam hal ini diduga dilakukan oleh rekanan, itu artinya pihak rekanan yang bertanggung jawab atas pengembaliannya nantinya.

"Bila aset tersebut telah dilelang oleh mereka, secara otomatis mereka lah yang harus menyerahkan hasil pelelangannya ke Kas Pemda OI, bisa juga diserahkan kepada pihak Sekolah lalu Kepala Sekolah yang menyerahkan uang hasil pelelangan ke Kas Pemda Ogan Ilir," ujarnya.

Sayadi menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan mengenai aset eks material sekolah yang direhabilitasi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan memastikan bahwa aset itu milik sekolah, tidak boleh dikuasai untuk kepentingan pribadi baik oleh Kepala Sekolah maupun Rekanan.

"Untuk aset yang dilelang merupakan milik Pemda, dikembalikan ke Kas Pemda menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ogan Ilir," pungkasnya Sayadi. @oganilirterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar