Home

Senin, 17 Juni 2024

7 Warga Tanjung Raja OI Diduga Korban Perdagangan Manusia di Kamboja

Tangkapan layar video keluarga diduga korban perdagangan manusia asal Tanjung Raja, Ogan Ilir, yang mengadu ke Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo. (Sumber : sripoku.com)

OGAN ILIR, - Dikutip dari sripoku.com , Beredar di media sosial, video sekelompok warga asal Tanjung Raja, Ogan Ilir, mengaku anggota keluarga mereka diduga jadi korban perdagangan manusia di Kamboja.

Pada video yang beredar, sekelompok warga terdiri dari pria dan wanita yang mengaku para orang tua korban dugaan perdagangan manusia.

"Kepada Bapak Presiden (Joko Widodo) dan staf kepresidenan dan juga Bapak Prabowo, tolong kami Bapak. Anak kami diduga diperjualbelikan di negara Kamboja oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab," kata salah seorang warga pada video, dilihat Minggu (16/6/2024).

Dilanjutkan pria tersebut, putranya tak tahan menghadapi intimidasi dan denda USD 100 jika absen bekerja.

"Jadi walau mereka dalam keadaan sakit, mereka tetap dipaksa bekerja. Kalau satu hari saja tidak kerja, mereka didenda," ungkap pria tersebut.


Wartawan media ini mencoba meminta penjelasan langsung dari para orang tua yang berangkat ke Kamboja.

Sayuti, orang tua salah satu warga yang berangkat ke Kamboja mengaku putranya sejak satu bulan lalu bekerja di luar negeri.

Namun Sayuti mengaku tak tahu pekerjaan dan perusahaan agen tenaga kerja yang memberangkatkan putranya.

"Saya sebenarnya tidak begitu paham dengan persoalan ini. Tapi yang jelas, anak saya tidak betah kerja di Kamboja," ungkap Sayuti.

Selain tujuh orang asal Tanjung Raja, ada satu orang asal Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI) yang turut berangkat ke Kamboja.

Menurut Sayuti, pihaknya telah menerima bantuan dari orang yang mengaku memiliki akses ke Pemprov Sumatera Selatan.

Rencananya, keluarga Sayuti akan dibantu agar persoalan ini dapai disampaikan ke Kementerian Luar Negeri.

Sehingga delapan orang yang diduga korban perdagangan manusia itu dapat dilindungi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kamboja.

"Sudah ada yang bersedia bantu keluarga kami. Tapi jujur saja saya tidak bisa bicara banyak untuk saat ini," kata Sayuti. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul : 7 Warga Tanjung Raja OI Diduga Korban Perdagangan Manusia di Kamboja, Keluarga Ngadu ke Jokowi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar