Home

Kamis, 12 September 2024

Bocah Penderita Gizi Buruk Dibawa ke RSUD Ogan Ilir

Tim Dokkes Polres Ogan Ilir membawa Yola Puspita ke RSUD Ogan Ilir. (Sumber : detik.com)

OGAN ILIR, - Dikutip dari detik.com , Tim Dokkes Polres Ogan Ilir dan Puskemas membawa Yola Puspita (12th) bocah perempuan yang menderita gizi buruk di wilayah tersebut. Yola sendiri sudah empat bulan terbaring di tempat tidur.

Diketahui Yola tinggal bersama sang nenek di Desa Mandi Angin, Dusun II, Kecamatan Indralaya Selatan. Ayahnya sudah meninggal dunia sejak Yola masih bayi sementara ibu kandungnya pergi keluar negeri meninggalkannya.

Keluarga yang tinggal bersamanya adalah neneknya, bernama Waniah (70th). Nenek Yola tidak memiliki pekerjaan. Untuk makan dan membesarkan Yola saja, sang nenek bergantung dari uluran tangan dari tetangga.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Bagus Suryo Wibowo mengatakan dari hasil pemeriksaan Yola diketahui memiliki berat badan 25 kg dengan tinggi badan 147 cm. Berat badannya jauh dari kategori ideal yang seharusnya mencapai 40 kg untuk usia 12 tahun.

"Selain mengalami gizi buruk, hasil laboratorium menunjukkan Yola menderita anemia ringan dengan kadar hemoglobin (HB) 8,6 dan juga didiagnosa dengan infeksi saluran kemih (ISK)," katanya, Rabu (11/9/2024).

Masih kata Bagus, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dokter menyarankan agar Yola menjalani rawat inap untuk penanganan lebih lanjut.

"Diminta untuk rawat inap namun pihak keluarga menolak. Sebagai gantinya, pasien akan menjalani rawat jalan dengan pemantauan dari Dinas Kesehatan Ogan Ilir, Puskesmas setempat, Urkes Polres Ogan Ilir, serta aparat desa," kata dia.

Bagus menyebutkan selama masa rawat jalan, Yola dianjurkan untuk meningkatkan asupan protein dalam makanannya dan rutin mengonsumsi susu yang telah disediakan oleh tim gizi rumah sakit.

"Pemeriksaan terhadap kesehatan Yola berlangsung lancar dan tertib. Melalui upaya pemantauan yang ketat, kondisi kesehatan Yola Puspita diharapkan dapat segera membaik dan dapat kembali beraktivitas seperti remaja lainnya," ujarnya. oganilirterkini.co.id

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul : Bocah Penderita Gizi Buruk Dibawa ke RSUD Ogan Ilir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar